Struktur organisasi business coutinuity plan (BCP) pada data center

Selamat malam sobat blogger semua, setelah lama saya admin 1 vacuum ga nulis akhirnya pada kesempatan kali ini saya akan mejelaskan tentang struktur organisasi BCP, sebelum anda membaca dan memahami apa itu struktur organisasi alangkah baiknya anda mesti mengetahui apa itu BCP. 

BCP  (Bahasa Inggris: business continuity planning) atau sebutan lainnya adalah suatu kreasi dan validasi perencanaan logistik tentang bagaimana organisasi dapat mengembalikan atau memulihkan fungsi dari bagian organisasinya setelah terjadinya bencana atau gangguan, BCP dirancang untuk melindungi proses bisnis yang kritis dari kegagalan akibat dari bencana, yang dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan perusahaan dalam melakukan proses bisnis secara normal.

Nah setelah anda membaca sedikit tentang BCP sekarang langsung saja and baca dan pelajari  tentang struktur organisasi BCP



PERAN DAN TANGGUNG JAWAB NYA

PLAN : tahap persiapan untuk menjamin bahwa seluruh pimpinan dan jajaran manajemen perusahaan paham betul mengenai karakteristik dan perlunya BCP yang  dibangun, tahapan yang dimaksud sesuai dengan spesifikasi kebutuhan yang telah didefinisikan sebelumnya.

OPERATE

Proses bisnis : proses bisnis yang berjalan pada lokasi perusahaan. Proses usaha ini harus di identifikasi agar proses yang inti/utama dapat dilakukan pada tempat usaha/lokasi yang lain agar apabila pada lokasi usaha tersebut terdapat ganguan maka proses tetap dapat berjalan dari tempat/lokasi BCP.

Human : Orang Yang dimaksud dari orang disini adalah karyawan dari perusahaan tersebut yang bekerja. Orang pengganti atau Backup Person merukapan salah satu strategi yang digunakan agar proses bisnis berkesinambungan.

Place : Lokasi atau tempat merupakan tempat yang letaknya bukan di lokasi/tempat yang sama dengan tempat bisnis dilakukan dan pada lokasi/tempat ini dapat digunakan untuk melakukan kegiatan bisnis/tempat kerja/workspase. Tempat untuk menyimpan arsip dan lain lain Untuk mencari tempat yang baik diperlukan Risk Assessment.

Review : Review dalam struktur organisasi BCP ini merupakan sebuah rangkaian summary untuk melihat/memonitor apakah seluruh rangkaian yang ada tadi berjalan sesuai dengan Plan/rencana yang telah dibuat oleh Tim pembentukan BCP

IMPLEMENT

Teknologi IT : Teknologi merupakan alat/tools yang digunakan oleh binis untuk menjalankan bisnisnya termasuk infrastruktur (Network, Komunikasi, Jaringan dll),
Backup : Dalam teknologi informasi, backup adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data komputer sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

Sekian semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »