Perintah asik dan seru yang sering digunakan di terminal Ubuntu , cek disini




Buat para pengguna windows pasti sedikit bingung atau mungkin tidak tau dengan perintah perintah ini , daaaannn untuk yang menggunakan linux juga menurut saya tidak semua nya tau dengan ini , jadi untuk penggna windows atau pengguna linux, tidak ada salah nya kita sama sama belajar hanya untuk mengetahui atau mungkin untuk menekuni .

Ketika anda menjalankan aplikasi yang membutuhkan hak root, sudo akan menanyakan anda untuk memasukkan kata sandi anda. Ini memastikan agar aplikasi berbahaya tidak merusak sistem anda, dan berfungsi sebagai pengingat bahwa anda sedang melakukan aksi pengelolaan sistem yang membutuhkan sikap hati-hati!

Untuk menggunakan sudo pada baris perintah, cukup ketik "sudo" sebelum perintah yang anda ingin jalankan. Sudo kemudian akan menanyakan kata sandi anda.
Sudo akan mengingat password anda untuk waktu yang telah ditentukan sebelumnya (standarnya 15 menit). Fitur ini didesain untuk mengizinkan pengguna melakukan banyak tugas administratif tanpa harus menanyakan password tiap waktu

Terminal sering disebut command prompt atau shell. Di masa lalu, ini adalah cara pengguna untuk berinteraksi dengan komputer, namun pengguna Linux merasakan dengan menggunakan shell ia dapat mengeksekusi perintah dengan lebih cepat dibandingkan dengan cara grafis dan masih mempunyai kharisma kuat hingga saat ini. Oke pada kesempatan ini anda akan mempelajari bagaimana menggunakan terminal.

Kegunaan awal dari terminal adalah sebagai peramban berkas dan kenyataannya masih digunakan sebagai peramban berkas. Anda dapat menggunakan terminal sebagai peramban berkas untuk melayari berkas anda dan membatalkan perubahan yang telah dibuat.

Perintah Yang Sering Digunakan


Lihat Direktori            : -ls Perintah ls (LiSt) menampilkan senarai berkas dalam warna berbeda dengan teks berformat penuh.

Membuat Direktori     : - mkdir (nama direktori) Perintah mkdir (MaKeDIRectory) akan membuat sebuah direktori.

Pindah Direktori         : - cd (/direktori/lokasi) Perintah cd (ChangeDirectory) akan mengubah lokasi dari direktori anda sekarang ke direktori yang anda tentukan.

Salin Berkas/Direktori : - cp (nama berkas atau direktori) (ke direktori atau nama berkas) Perintah cp (CoPy) akan menyalin setiap berkas yang anda tentukan. Perintah cp -r akan menyalin setiap direktori yang anda tentukan.

Hapus Berkas/Direktori   : - rm (nama berkas atau direktori) Perintah rm (ReMove) akan menghapus berkas apapun yang telah anda tentukan sebelumnya. Perintah rm -r akan menghapus direktori apapun yang telah ditentukan sebelumnya, termasuk semua isinya.
Ganti Nama/Pindahkan Berkas/Direktori       : - mv (nama berkas atau direktori) Perintah mv (MoVe) akan mengganti nama/memindahkan setiap berkas atau direktori yang anda tentukan.

Cari Berkas/Direktori  : - locate (nama berkas atau direktori) Perintah locate akan mencari di komputer anda untuk setiap nama berkas yang anda tentukan. Ia menggunakan indeks berkas dalam sistem anda
untuk bekerja secara cepat ,untuk memutakhirkan indeks ini jalankan perintah updatedb. Perintah ini berjalan otomatis setiap hari, jika anda meninggalkan komputer anda dalam keadaan hidup. Harus dijalankan dengan hak istimewa pengelolaan .
Anda juga dapat menggunakan wildcard untuk mencocokkan satu atau lebih berkas, seperti "*" (untuk semua berkas) atau "?" (untuk mencocokkan satu karakter).


Yay itu lah perintah perintah asik yang sering digunakan di terminal meskipun terlihat biasa saja tapi ini sangat bermanfaat lho  , jika anda ingin bertanya silahkan tinggalkan komentar di bawah ini , sekian dan terimaksih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »