Linux itu kernel apa system operasi ?? dan menulusuri asal usul ubuntu ,cek disini…



Pernah kah anda mendengar clotehan orang orang tentang judul di atas???
anda ingin menjawab tapi ragu ragu dan belum memahami begitu paseh ?

Oke saya sebagai orang newbie mencoba menjawab ..

Ubuntu ,kali linux,linux mint dll sepenuh nya adalah sebuah system operasi sumber  terbuka yang dibangun di atas sebuah kernel linux  , oke sampai disini sudah paham ?? jadi bisa saya simpulkan linux itu bukan sebuah system operasi melainkan sebuah kernel .  dan Ubuntu, kali linux , linux mint dll bisa saya katakana itu adalah sebuah system operasi yang di bangun di atas sebuah kernel linux.

Komunitas Ubuntu di bangun berdasarkan cita cita abadi dalam filosofi Ubuntu bahwa perangkat lunak harus tersedia tanpa biaya, perkakas perangkat lunak harus dapat di gunakan oleh pengguna dalam bahasa local mereka dan oleh mereka yang memiliki kekurangan ,serta pengguna harus mempunyai kebebasan untuk menyesuaikan dan mengubah perangat lunak mereka sesuai dengan keinginan mereka.

Ubuntu adalah ideologi etis Afrika Selatan yang berpusat pada kesetiaan dan hubungan masyarakat antara satu dengan lainnya. Kata Ubuntu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa. Ubuntu (diucapkan "oo-BOON-too") dapat dilihat sebagai konsep tradisional Afrika, serta dipandang sebagai salah satu asas pendirian republik Afrika Selatan baru dan terhubung dengan ide kebangkitan kembali masyarakat Afrika.

Sebagai platform yang berbasis pada Linux, sistem operasi Kubuntu membawa semangat ubuntu ke dunia perangkat lunak.

Lingkungan desktop standar untuk Kubuntu adalah KDE pemain utama dalam pengembangan platform dan desktop suite untuk UNIX dan Linux.
Pemimpin desktop terkemuka lain untuk UNIX dan Linux adalah Gnome , ubuntu tidak menggunakan Desktop Gnome secara standar. Tapi, proyek Ubuntu menawarkan para pengguna ubuntu suatu pilihan antara dua lingkungan desktop sempurna ini. Terima kasih untuk usaha dari tim Ubuntu, para pengguna ubuntu bisa menginstal dan menggunakan Desktop Gnome dengan mudah pada sistem mereka. Desktop Gnome dapat ditemukan dan dapat diunduh dari arsip utama Ubuntu. Cara yang paling mudah untuk mendapatkan Ubuntu siap pakai adalah dengan menggunakan perintah sudo apt-get install ubuntu-desktop. Perintah ini akan menginstal paket lain yang diperlukan dan mengatur segala sesuatunya dengan benar.

Apa itu Linux?



Seperti yang saya jelaskan di atas kernel= Linux,linux=kernel "lee-nucks" adalah jantung dari sistem operasi ubuntu. Kernel adalah bagian penting dari tiap sistem operasi, berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara perangkat keras dan perangkat lunak.

Linux diluncurkan pada tahun 1991 oleh pelajar Finlandia bernama Linus Torvalds. Pada waktu itu, Linux hanya berjalan pada sistem i386, dan pada dasarnya merupakan tiruan dari kernel UNIX, ditujukan untuk mengambil keuntungan dari arsitektur baru i386.

Saat ini, terima kasih atas upaya pengembangan yang besar jumlahnya oleh masyarakat diseluruh dunia, Linux dapat berjalan secara virtual pada setiap arsitektur modern.
Kernel Linux menjadi suatu kepentingan ideologis seperti pada hal teknis. Ada sekelompok komunitas masyarakat yang percaya kepada cita-cita dari perangkat lunak bebas dan meluangkan waktu mereka untuk membantu membuat teknologi sumber terbuka sebaik mungkin.

Masyarakat dalam komunitas inilah yang memberikan gagasan kepada Ubuntu, komite standar yang menentukan pengembangan Internet, organisasi seperti Mozilla Foundation, yang bertanggung jawab menciptakan Mozilla Firefox, dan proyek perangkat lunak lain yang tak terhitung jumlahnya dimana anda telah merasakan keuntungannya di masa lalu.
Semangat sumber bebas, biasanya dipertalikan ke Linux, mempengaruhi pengembang perangkat lunak dan pengguna dimana pun untuk mendirikan komunitas dengan tujuan bersama.


Oke itu lah sedikit pengetahuan yang saya bisa jelaskan , semoga bisa menambah wawasan anda , sekian dan terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »